Header Ads

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK FISIKA SMK KELAS XI




Oleh: Sigit Suryono
Teknologi Pembelajaran
Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk software pembelajaran berupa CD paket sumber belajar Fisika SMK kelas XI semester 1 yang memenuhi sebagai sumber belajar yang baik.
Responden uji coba berjumlah 31 orang, yakni dua orang ahli yaitu satu orang ahli media dan satu orang ahli materi Fisika, dan 29 siswa SMK kelas XI dengan rincian 3 siswa untuk uji coba perorangan dan 26 orang siswa untuk uji coba lapangan. Jenis data berupa data kuantitatif dengan skala lima (rentang satu sampai dengan lima) yang kemudian diubah ke data kualitatif. Data tersebut memberi gambaran tentang kualitas aspek pembelajaran, isi, tampilan, dan pemrograman. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar evaluasi dan lembar kuisioner. Lembar evaluasi untuk ahli materi dan ahli media, sedangkan lembar kuisioner untuk siswa. Data yang diperoleh digunakan untuk merevisi produk.
Hasil analisis menunjukkan kualitas produk dari penelitian oleh ahli materi Fisika, ahli media dan siswa. Berikut adalah kualitas produk dari penilaian oleh responden : 1) dari ahli materi fisika mengenai aspek instruksional adalah sangat baik (92,8%) dan aspek isi adalah sangat baik (95,71%), 2) dari ahli media aspek tampilan adalah sangat baik (92,8%), dan aspek pemrograman adalah sangat baik (95,4%), 3) dari uji coba perorangan aspek instruksional adalah baik (79,2%), aspek isi adalah baik (76,4% ), aspek tampilan adalah baik (77,6%), dan aspek pemrograman adalah sangat baik (88,4%), dan 4) dari uji coba lapangan aspek instruksional adalah sangat baik (86,6%), aspek isi adalah sangat baik (84,2%), aspek tampilan adalah baik (80%), dan aspek pemrograman adalah baik (82,8%). Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa produk software yang dihasilkan berupa CD paket sumber belajar Fisika SMK kelas XI semester 1, memiliki kualitas yang baik sebagai sumber belajar.



ABSTRACT
SIGIT SURYONO : Developing of Multimedia Instruction Based Computer to Increase Motivate to Learn the Physics of Student of the Vocational High School. Yogyakarta : Graduate School, Yogyakarta State University, 2006

The aim of this development research is to produce a software in the form of CD of physics learning resource for the fist semester of the XIth grade of vocational high school which meets the quality standartd requirement.
 The were 31 try out respondents in this research involving one media expert and one  physics material expert, and 29 students of the XIth grade of voational high school consisting three student for the individual try out and 26 students for the field try out. This research used quantitative data with five scales (ranging from one to five) and was changed into qualitative data to describe the quality of instruction, content, design, and programing aspect. The data were collected using the evaluation and quetionnaire sheets. The evaluation sheets were for physics material and media expert, while the questionnare were for students. The obtained data were used to revise the product. The evaluation from the physics material expert included the instruction, content and the validity of both aspects. Media expert evaluated the design, programming, and the validity of both aspects. The evaluation from the students covered the instruction, content, design, and programing aspects. The obtained data were analized descriptively, and then were conversed to the five scales to know the product quality.
 The result of analysis showed the product quality from the evaluation of physics material expert, media expert and the students. The followings are evaluation of  product quality from respondent: 1) physics material expert considered instruction aspect very good (92,8%) and content aspect very good ( 95,71%), 2) media expert considered design aspect very good (92,8%), and programing aspect very good (95,4%), 3) individual try out considered instruction aspect good (79,2%), content aspect good (76,4% ), design aspect good (77,6%), and programing aspect very good (88,4%), and 4) field try out considered instruction aspect very good (86,6%), content aspect very good (84,2% ), design aspect good (80%), and programing aspect good (82,8%). From the result of analysis it can be concluded that the software product in the from of the CD of physics learning resource of the XIth grade of vocational high school in the first half year is qualified as learning resources.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.