Header Ads

Active Learning sebagai salah satu strategi pembelajaran



Pengertian Pembelajaran

Sekolah merupakan tempat berlangsungnya proses pembelajaran. Pembelajaran adalah proses pengembangan pengetahuan, ketrampilan, atau sikap baru pada saat individu berinteraksi dengan informasi dan lingkungan. Menurut Corey (Yusufhadi Miarso, 1986 : 195) pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara sengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah-laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respon terhadap situasi tertentu.
Dalam pembelajaran akan ada komunikasi antara guru dengan siswa. Proses komunikasi antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran sering disebut dengan istilah interaksi edukatif. Dalam proses pembelajaran terjadi banyak perkembangan dan perubahan dari “teacher centered” menjadi “student centered” sehingga dalam pembelajaran lebih memprioritaskan siswa sebagai peran utama dalam proses belajar mengajar. Siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran karena siswa merupakan subyek dan aktor dalam proses belajar mengajar.

Active Learning membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran

Proses pembelajaran yang dapat menuntut siswa untuk lebih aktif dapat melalui kegiatan belajar aktif atau active learning. Active learning merupakan pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Dalam active learning, siswa sebagai subyek dan juga aktor dalam proses pembelajaran sehingga peran siswa menjadi lebih dominan di dalam proses belajar mengajar. Peran siswa yang lebih dominan dan aktif bukan berarti telah menjadikan posisi guru pasif, akan tetapi peran guru justru menjadi lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Guru dalam active learning lebih memposisikan diri sebagai fasilitator, pembimbing, pendamping, dinamisator dan juga teman. Dengan demikian tentu akan menghindari sosok guru yang otoriter dan ditakuti oleh siswa, dan juga dapat menjadikan proses belajar mengajar di kelas lebih demokratis dan menyenangkan karena tidak ada lagi sekat antara guru sebagai atasan yang serba tahu dan siswa sebagai bawahan yang harus diberitahu.

Active lerning salah satu strategi pembelajaran menggunakan pendekatan individual

Active learning merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan pendekatan individual. Setiap individu siswa adalah istimewa dan nomer satu pada bidang keunggulannya. Makanya dalam proses pembelajaran masing-masing siswa mendapat bimbingan sesuai dengan minat dan bakatnya. Sehingga siswa mengerti dirinya dan dapat memahami potensi dirinya sendiri. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat, dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.