PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK FISIKA SMK KELAS XI
Oleh: Sigit Suryono
Teknologi Pembelajaran
Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan ini
adalah untuk menghasilkan produk software
pembelajaran berupa CD paket sumber belajar Fisika SMK kelas XI semester 1 yang
memenuhi sebagai sumber belajar yang baik.
Responden uji coba berjumlah 31 orang,
yakni dua orang ahli yaitu satu orang ahli media dan satu orang ahli materi
Fisika, dan 29 siswa SMK kelas XI dengan rincian 3 siswa untuk uji coba
perorangan dan 26 orang siswa untuk uji coba lapangan. Jenis data berupa data
kuantitatif dengan skala lima
(rentang satu sampai dengan lima )
yang kemudian diubah ke data kualitatif. Data tersebut memberi gambaran tentang
kualitas aspek pembelajaran, isi, tampilan, dan pemrograman. Data dikumpulkan
dengan menggunakan lembar evaluasi dan lembar kuisioner. Lembar evaluasi untuk
ahli materi dan ahli media, sedangkan lembar kuisioner untuk siswa. Data yang
diperoleh digunakan untuk merevisi produk.
Hasil analisis menunjukkan kualitas
produk dari penelitian oleh ahli materi Fisika, ahli media dan siswa. Berikut
adalah kualitas produk dari penilaian oleh responden : 1) dari ahli materi
fisika mengenai aspek instruksional adalah sangat baik (92,8%) dan aspek isi
adalah sangat baik (95,71%), 2) dari ahli media aspek tampilan adalah sangat
baik (92,8%), dan aspek pemrograman adalah sangat baik (95,4%), 3) dari uji
coba perorangan aspek instruksional adalah baik (79,2%), aspek isi adalah baik
(76,4% ), aspek tampilan adalah baik (77,6%), dan aspek pemrograman adalah
sangat baik (88,4%), dan 4) dari uji coba lapangan aspek instruksional adalah
sangat baik (86,6%), aspek isi adalah sangat baik (84,2%), aspek tampilan
adalah baik (80%), dan aspek pemrograman adalah baik (82,8%). Dari hasil
analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa produk software yang dihasilkan
berupa CD paket sumber belajar Fisika SMK kelas XI semester 1, memiliki
kualitas yang baik sebagai sumber belajar.
ABSTRACT
SIGIT SURYONO : Developing
of Multimedia Instruction Based Computer to Increase Motivate to Learn the
Physics of Student of the Vocational High School. Yogyakarta
: Graduate School , Yogyakarta State
University , 2006
The aim of this development research is to produce a
software in the form of CD of physics learning resource for the fist semester
of the XIth grade of vocational high school which meets the quality
standartd requirement.
The were 31 try out
respondents in this research involving one media expert and one physics material expert, and 29 students of
the XIth grade of voational high school consisting three student for
the individual try out and 26 students for the field try out. This research
used quantitative data with five scales (ranging from one to five) and was
changed into qualitative data to describe the quality of instruction, content,
design, and programing aspect. The data were collected using the evaluation and
quetionnaire sheets. The evaluation sheets were for physics material and media
expert, while the questionnare were for students. The obtained data were used
to revise the product. The evaluation from the physics material expert included
the instruction, content and the validity of both aspects. Media expert
evaluated the design, programming, and the validity of both aspects. The
evaluation from the students covered the instruction, content, design, and
programing aspects. The obtained data were analized descriptively, and then
were conversed to the five scales to know the product quality.
The result of analysis showed the product
quality from the evaluation of physics material expert, media expert and the
students. The followings are evaluation of
product quality from respondent: 1) physics material expert considered
instruction aspect very good (92,8%) and content aspect very good ( 95,71%), 2)
media expert considered design aspect very good (92,8%), and programing aspect
very good (95,4%), 3) individual try out considered instruction aspect good
(79,2%), content aspect good (76,4% ), design aspect good (77,6%), and
programing aspect very good (88,4%), and 4) field try out considered
instruction aspect very good (86,6%), content aspect very good (84,2% ), design
aspect good (80%), and programing aspect good (82,8%). From the result of
analysis it can be concluded that the software product in the from of the CD of
physics learning resource of the XIth grade of vocational high
school in the first half year is qualified as learning resources.
Post a Comment