Header Ads

Cara Membuat Blog Keren untuk Menghasilkan Cuan

 Ingin tahu cara membuat blog yang menghasilkan cuan? Selamat, karena Anda sudah ada di tempat yang tepat! Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat blog yang menarik:

  1. Tentukan niche blog
  2. Pilih layanan dan jenis hosting yang tepat
  3. Tentukan nama domain blog
  4. Instal WordPress
  5. Atur konfigurasi WordPress
  6. Instal tema blog
  7. Buat postingan baru
  8. Instal plugin WordPress
Apa Perbedaan Blog dan Website?

Jadi, buat website atau blog? Nah, sebelum masuk ke pembahasan cara membuat blog, yuk cari tahu dulu perbedaan antara blog dan website.
BlogWebsite
Blog bersifat dinamis karena diupdate secara berkalaWebsite bersifat statis karena informasi di dalamnya cenderung tetap, misalnya alamat kontak, visi dan misi perusahaan.
Blog sifatnya personal. Konten blog biasanya berisi opini dan pengalaman penulis dengan gaya bahasa yang santai.Website berisi informasi yang lebih formal dan profesional. Contohnya produk atau layanan sebuah perusahaan.
Blog lebih interaktif karena memiliki kolom komentar.Komunikasi di website bersifat satu arah saja karena kolom komentar biasanya dihilangkan.

Mari mulai praktikkan cara untuk membuat blog di bawah ini!
1. Tentukan Niche Blog
Niche blog adalah tema atau topik khusus untuk blog. Jadi, Anda hanya perlu fokus membuat konten-konten dengan tema yang sama.
Hal ini dianjurkan agar blog Anda dapat dikenal sebagai ahli dalam topik tertentu dan dijadikan referensi oleh banyak orang. Hasilnya, traffic blog meningkat dan lebih mudah dimonetisasi dengan Google AdSense atau endorsement.
Pastikan Anda menggunakan tips berikut dalam menentukan niche blog:
Pilih topik yang Anda kuasai
Memilih topik yang Anda kuasai bisa  membantu Anda menemukan ide-ide dengan lebih mudah. Selain itu, karena membahas satu topik yang sama, Anda bisa jadi ahli pada bidang tersebut suatu saat.
Pilih topik yang populer
Usahakan topik yang Anda gemari juga sejalan dengan trend internet, agar konten di blog Anda tidak sia-sia. Anda dapat memanfaatkan Google Trends untuk melihat potensi topik yang digemari dan banyak dicari. 
Cek peluang keuntungan niche blog
Jika niche blog berpeluang mendapatkan uang dari internet, keren bukan? Nah, Anda dapat mencoba dengan beberapa cara. 
Misalnya, memasang Google AdSense, kemungkinan produk review atau endorsement, peluang penjualan ebook, peminat jasa konsultasi, dll.

2. Pilih Layanan dan Jenis Hosting yang Tepat
Hosting adalah tempat di mana semua file blog kita akan disimpan dan dapat diakses melalui internet. 
Karena kita akan menggunakan WordPress.org (ingat ya, bukan WordPress.com) untuk cara membuat blog, maka diperlukan layanan hosting secara mandiri.
Dalam memilih layanan hosting tidak boleh sembarangan, karena akan berpengaruh pada performa blog. Jadi, sebisa mungkin pilih layanan jasa hosting yang terpercaya.

Ada beberapa jenis hosting yang dapat Anda gunakan sebagai cara membuat blog yang menarik, yaitu:
  • Shared hosting, jenis hosting yang paling terjangkau dan mudah penggunaannya;
  • Cloud hosting, jenis hosting dengan fasilitas VPS dan kemudahan shared hosting;
  • VPS hosting, memiliki kapasitas server yang besar dan membutuhkan keterampilan teknis.
Namun, cara membuat blog untuk pemula lebih cocok menggunakan shared hosting
Karena blog pada tahap awal belum membutuhkan sumber daya server yang tinggi. Pengelolaannya pun sangat mudah dan dibantu oleh penyedia layanan.

3. Tentukan Nama Domain
Selain hosting, Anda juga harus memiliki domain. Domain adalah alamat blog yang digunakan untuk mengakses blog Anda. Misalnya, Niagahoster yang memiliki nama domain www.niagahoster.co.id.
Dengan WordPress.org, Anda bebas memilih nama domain. Berbeda dengan WordPress.com dan Blogspot yang ekstensi domainnya default, seperti bloganda.wordpress.com atau bloganda.blogspot.com. Pun, kalau mau diubah biayanya lumayan menguras kantong. Dengan menggunakan WordPress.org, Anda bebas memilih ekstensi domain, misalnya:
  • .com
  • .org
  • .co.id
  • .id
  • .net
  • Dan masih banyak lainnya.
Namun, apapun domain pilihan Anda, pastikan memenuhi beberapa tips berikut:
  • Mudah dieja. Tujuannya, agar tidak typo
  • Singkat. Nama domain tidak lebih dari 63 karakter agar lebih mudah diakses.
  • Tidak memiliki angka dan tanda hubung. Agar lebih mudah diingat.
Nah, untungnya Anda tidak perlu keluar uang lagi hanya untuk membeli domain. Karena di layanan Indonesia Web Hosting Niagahoster, sudah termasuk gratis domain.
Ya, domain hosting Niagahoster adalah pilihan terbaik untuk Anda!

4. Instal WordPress
Sekarang saatnya masuk ke cara buat blog sendiri dengan menginstal WordPress. 
Anda sebenarnya dapat memilih fitur Auto Install Website WordPress saat proses checkout. Fitur ini gratis dan Anda jadi tidak perlu repot menginstall WordPress secara manual.

fitur auto instal wordpress di layanan hosting Niagahoster
Namun, bagi Anda yang tidak memilih fitur tersebut saat checkout, tenang saja. Kali ini, kami akan memberikan tutorial cara membuat blog dengan instalasi manual WordPress.
Anda bisa memilih fitur SSL premium ataupun Whois Protection. Untuk fitur SSL premium sendiri tentunya akan lebih baik dalam hal keamanan dibandingkan SSL gratis dari Let’s Encrypt. Anda bisa membeli SSL murah dan terpercaya tersebut di Niagahoster.
Sedangkan untuk Whois Protection atau perlindungan privasi Whois akan melindungi data-data Anda sebagai pemilik domain. Dengan begitu, privasi Anda akan terjamin.
Langkah 1: Masuk ke cPanel
Anda dapat masuk ke cPanel dengan mengakses http://namadomainanda/cpanel. Atau, bisa juga melalui Member Area Niagahoster.
Caranya, login ke Member Area Niagahoster > klik tombol orange bertuliskan Kelola Hosting > Anda akan otomatis berada di tab cPanel > klik All Features.

instalasi wordpress dengan mudah melalui cpanel sebagai salah satu tahap cara membuat blog
Langkah 2: Buka Softaculous Apps Installer
Setelah sampai di dashboard cPanel, silakan scroll hingga bawah dan klik logo WordPress pada bagian Softaculous Apps Installer.

instal wordpress dengan menu softaculous sebagai salah satu tahap cara membuat blog
Langkah 3: Instal WordPress
Untuk memulai instalasi WordPress, klik Install Now.

tutorial instalasi wordpress sebagai salah satu tahap cara membuat blog
Langkah 4: Setting Instalasi WordPress
Pada bagian ini, Anda akan diminta mengisi beberapa setting instalasi WordPress.
Pertama, pada bagian Software Setup silakan pilih nama domain Choose Domain, kolom In Directory silakan dikosongkan.
Kedua, isi nama dan deskripsi blog Anda, pada kolom Site Name dan Site Description.
Ketiga, tentukan username dan password untuk login ke dashboard WordPress Anda.

setting instalasi wordpress sebagai salah satu tahap cara membuat blog
Langkah 5: Pilih Tema dan Instal
Selanjutnya, Anda perlu memilih tema WordPress yang ingin Anda gunakan. Tetapi jika Anda bingung dengan banyaknya pilihan, Anda dapat memilih salah satu tema dan mengubahnya nanti ketika instalasi selesai.

cara membuat blog dengan menginstal tema wordpress saat instalasi
Selanjutnya, klik Install.
Langkah 6: Instalasi Selesai
Setelah proses instalasi, Anda akan mendapatkan notifikasi instalasi sukses yang berisi alamat blog beserta URL login ke dashboard admin. 

notifikasi instalasi selesai
5. Atur Konfigurasi Dasar WordPress
Setelah WordPress berhasil diinstal, Anda perlu melakukan beberapa konfigurasi atau setting sebelum masuk ke cara membuat blog.
Anda harus login ke dashboard WordPress terlebih dahulu dengan cara akses ke http://namadomainanda.com/wp-admin. Atau masuk ke Member Area Niagahoster WordPress Management Sites > dan klik Login WordPress.
login wordpress dari cpanel
Langkah 1: Hapus Post Bawaan WordPress
Setelah sampai di dashboard WordPress untuk pertama kali, terdapat post, page, dan komentar bawaan dari WordPress. 
Tugas pertama kita adalah menghapus post dan page tersebut dengan cara, masuk ke menu Posts dan klik Trash pada post Hello World!.
cara menghapus post bawaan wordpress
Lakukan hal yang sama pada page, klik menu Pages dan klik Trash pada Sample Page.
Langkah 2: Ubah Kategori
Setiap WordPress yang baru diinstal, akan memiliki default kategori bernama Uncategorized. 
Nah, kategori ini tidak bisa dihapus sebelum Anda membuat kategori baru. Jadi tugas kita selanjutnya adalah mengubah namanya.
Caranya, klik menu Posts > pilih Categories > klik Edit pada opsi Uncategorized.
cara mengubah kategori blog di wordpress
Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman Edit Category, silakan ubah nama dan nama URL pada kolom Name dan Slug kategori, lalu klik Update.
editing kategori di wordpress
Langkah 3: Atur Format Tanggal
Tanggal dan waktu WordPress Anda masih mengikuti waktu default yang mengikuti zona waktu Eropa. Tugas ketiga kita adalah mengubahnya menjadi zona waktu lokasi kita.
Caranya, masuk ke menu Settings General > ubah opsi Timezone menjadi UTC +7 (untuk WIB) > pilih Date Format > dan Time Format > klik Save Changes.
cara mengatur format tanggal blog wordpress
Langkah 4: Atur Post
Pada satu halaman, Anda dapat mengatur seberapa banyak post yang ingin ditampilkan. Caranya, masuk ke menu Setting Reading > ubah pada kolom Blog pages show at most.
Selain itu, Anda dapat mengatur feed tiap post menjadi full text atau summary.
Rekomendasi kami, buatlah tiap post menjadi summary, agar tampilan blog lebih rapi. Caranya, klik opsi Summary pada kolom For each post in a feed, include.
cara setting jumlah blog post
Setting bagian ini adalah cara membuat blog lebih terkesan rapi dan terstruktur.
Langkah 5: Setting Komentar
Agar terhindar dari komentar spammer, Anda harus men-setting kolom komentar. Jadi, setiap komentar yang masuk akan menunggu persetujuan Anda sebelum diterbitkan.
Caranya, masuk ke menu Settings Discussion > pilih opsi Comment must be manually approve pada kolom Before a comment appears, lalu Save Changes.
tutorial setting komentar di wordpress
Langkah 6: Ubah Format Permalink
URL pada WordPress awalnya memiliki pengaturan default seperti, http://namadomainanda.com/?p=3. Namun, URL ini sangat tidak efektif, karena Anda tidak bisa melihat apa isi URL tersebut dan tidak baik bagi SEO.
Anda bisa mengubahnya dengan cara, masuk ke menu Settings Permalinks > dan pilih opsi Post Name. Pilihan inilah yang terbaik dari sudut pandang Search Engine Optimization atau SEO.
cara mengubah permalink atau url artikel
Langkah 7: Ubah Gravatar
Ketika Anda ingin berkomentar atau membalas komentar orang lain, Anda dapat memajang avatar sesuai keinginan. Caranya, silakan ke laman Gravatar dan masuk menggunakan email, username, dan password WordPress Anda.
Langkah 8: Lengkapi Profil WordPress
Terkadang, tema WordPress Anda memungkinkan untuk menampilkan beberapa profil Anda. Misalnya, akun Instagram, LinkedIn, biografi singkat, dll.
Anda dapat melengkapinya di menu Users Profile > bila sudah lengkap silakan klik Update Profile.
cara melengkapi profil wordpress
6. Instal Tema WordPress
Saat mengikuti cara membuat blog sendiri dengan WordPress, Anda akan mendapatkan ribuan pilihan tema. 
Meski begitu, memilih tema tidak boleh sembarangan. Karena tema nantinya akan mempengaruhi tampilan blog Anda secara keseluruhan.
Jadi, pastikan Anda memilih tema yang cocok dengan niche blog Anda, dapat dikustomisasi, mobile-friendly, dan memiliki navigasi yang baik. 
Jika Anda masih ingin mencoba atau bereksperimen dengan blog, Anda dapat mencoba template gratis terlebih dahulu. Kami telah merangkum 50 rekomendasi template WordPress gratis terbaik untuk Anda.
Namun, saat blog Anda sudah mulai berkembang, kami sarankan untuk upgrade dan menggunakan tema berbayar. Tujuannya, agar blog terkesan lebih profesional dan maksimal untuk SEO.
Baca juga: 20 Tema WordPress Premium Indonesia Terbaik [Edisi 2021]
Anda dapat mengganti tema WordPress di menu Appearance Themes Add New.
cara menginstal tema wordpress
Selanjutnya, Anda dapat mencari dan memilih tema yang ingin Anda gunakan. Anda dapat melihat preview tema terlebih dahulu, dan jika dirasa sudah menemukan template yang tepat, silakan klik Install.
instalasi tema wordpress
Setelah itu, klik Activate untuk mengaktifkan tema tersebut ke blog Anda.
aktivasi tema yang ingin digunakan di blog
Blog Anda mungkin akan membutuhkan beberapa setting dasar tergantung templatenya. Misalnya, foto background, logo, slider, dll.
langkah_setelah_instal_wp-2
7. Buat Postingan Baru
Pada tahap ini, kita akan mulai ke tahap yang paling ditunggu-tunggu yaitu cara membuat blog post. Di sini, Anda bisa menuangkan seluruh ide dalam konten artikel Anda. 
Tapi bagaimana cara mempostingnya di blog? Berikut caranya.
Perbedaan Post dan Page
Sudah siap blogging? Tunggu dulu, saat membuat blog Anda akan akrab dengan istilah post dan page. Keduanya sering diartikan terbalik dalam cara membuat blog, jadi mari kita pahami dengan seksama.
PostPage
Halaman berisi konten blog dalam bentuk artikelHalaman yang berisi konten dengan tujuan khusus. Misal, halaman produk, about us, kontak, dsb
Halaman dikelompokkan berdasarkan kategori dan tag.Halaman dikelompokkan berdasarkan menu.
Post bersifat dinamis sesuai dengan publikasi konten yang dilakukanHalaman bersifat statis karena informasinya bersifat tetap atau jarang berubah.
Sebagai contoh, mari kita lihat gambar di bawah ini. Post ditunjukkan pada kotak merah, yang berupa artikel-artikel yang telah diterbitkan. 
Sedangkan page dapat dilihat pada kotak berwarna orange. Dan, sub-page yang ditandai dengan kotak hijau.
perbedaan page, sub-page, dan post
Panduan Membuat Post di Blog
Nah, sekarang Anda benar-benar siap untuk mempublikasikan konten pertama Anda dengan mengikuti tutorial berikut.
Pertama, masuk ke menu Posts Add New.
cara membuat blog post
Kedua, Anda akan langsung berada pada editor Guttenberg. Anda dapat menulis atau menyalin konten artikel Anda disini. 
menulis blog post di editor gutenberg
Ketiga, Anda perlu men-setting beberapa pengaturan post. Misalnya permalink, kategori, tags, featured image, dll. Semuanya lengkap tersedia pada samping kanan editor.
setting blog post sebelum publish
  • Permalink – Karena sebelumnya kita sudah setting menjadi post name, maka Anda bisa mengubah bagian ini untuk mengatur URL konten. Misalnya, websitepercobaan.com/artikel-percobaan.
  • Categories – Anda dapat memasukkan artikel tersebut ke kategori yang Anda inginkan. Anda juga bebas membuat kategori baru.
  • Tags – Masukkan beberapa kata kunci untuk mengelompokkan artikel Anda ke topik yang lebih spesifik.
  • Featured Image – Gambar yang berfungsi sebagai cover artikel.
  • Excerpt – Beberapa kalimat atau summary yang menggambarkan isi artikel Anda.
  • Discussion – Terdapat opsi kolom komentar, pingbacks, dan trackbacks.
  • Post Attribute – Anda dapat memilih antara default template, cover template, atau full width template. Biasanya pengaturannya adalah default template.
Sebelum mempublikasikan artikel, Anda dapat melihat preview. Caranya, klik Preview pada bagian kanan atas layar > pilih tampilan Preview > klik Preview in new tab.
Anda dapat melihat preview dalam tampilan desktop, tablet, dan mobile. Sehingga, Anda bisa melihat apakah tampilan artikel Anda nyaman dibaca di berbagai device.
preview tampilan blog post
Terakhir, Anda dapat klik Publish di sebelah tombol preview tadi. Sebelum benar-benar publish, Anda dapat memilih jangkauan pembaca yaitu:
  • Publik, siapapun dapat mengakses post;
  • Private, hanya editor dan admin;
  • Password protected, hanya yang memiliki password yang dapat mengakses post.
Selain itu, Anda juga dapat menjadwalkan publish artikel secara otomatis.
cara publish artikel di blog
Jika sudah siap, silakan klik Publish.
Dengan begitu, Anda telah menyelesaikan cara membuat blog sendiri secara singkat dan mudah.
8. Instal Plugin yang Dibutuhkan
Plugin menjadi salah satu kelebihan utama WordPress dalam membuat blog. Anda dapat menambahkan fitur dan fungsi di blog dengan mudah lewat plugin WordPress.
Caranya, masuk ke menu Plugins Add New.
cara menginstal plugin wordpress
Selanjutnya, cari plugin pada bagian pencarian. Kali ini kami coba menginstal plugin Yoast SEO. Lalu, klik Install Now pada plugin yang ingin Anda pasang dan Activate.
tutorial instal plugin blog wordpress
Berikut adalah beberapa contoh plugin WordPress terbaik yang bisa Anda coba:
  • Wordfence – Meningkatkan keamanan blog.
  • Yoast SEO – Meningkatkan peringkat blog Anda di hasil pencarian.
  • WP Super Cache – Mengoptimalkan kecepatan blog.
  • Contact Form 7 – Membuat form dengan mudah.
  • WP Social Sharing – Mempermudah share konten ke media sosial.
Baca Juga: Belajar Digital Marketing
3+ Platform Terbaik untuk Membuat Blog
Platform blog adalah media yang akan Anda gunakan untuk mengelola blog, mulai dari publish hingga optimasi. Nah platform inilah yang berjasa sehingga membuat blog tidak lagi sulit.
Namun saat ini sudah banyak platform blog bermunculan. Berikut adalah beberapa platform blogging yang dapat Anda pertimbangkan, yaitu: 
1. WordPress.org
WordPress.org adalah software open source yang dapat digunakan gratis. Nah, agar software ini dapat live dan diakses lewat internet, Anda memerlukan layanan hosting.
Secara singkat, biaya yang harus Anda keluarkan hanyalah untuk layanan hosting dan domain. Setelah itu, instal secara gratis software WordPress.org. 
Baca juga: 10 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org
WordPress ini bisa dibilang adalah CMS paling populer. Platform ini sudah digunakan oleh 35% blog dan website yang ada di seluruh internet. 
Ada beberapa alasan mengapa cara membuat blog pribadi dengan WordPress sangat diminati:
  • User-friendly;
  • Memiliki komunitas yang besar;
  • Tersedia banyak tutorial;
  • Plugin melimpah;
  • Tema beragam.
Karena itulah kami sangat merekomendasikan WordPress untuk Anda. Meski mudah digunakan, blog yang dihasilkan WordPress bukan abal-abal dan dapat dioptimasi dengan maksimal. 
Terbukti dengan digunakannya WordPress pada perusahaan-perusahaan besar dunia. Seperti Sony Music, The Walt Disney, dan Mercedes Benz.
2. WordPress.com
WordPress.com adalah CMS yang menggunakan server hosting milik WordPress. 
Sebenarnya, WordPress.com bisa dipakai sebagai cara membuat website gratis, tapi dengan subdomain bawaan WordPress.com. Pernah melihat domain seperti bloganda.wordpress.com? Itulah ekstensi domain default jika menggunakan platform gratisan ini. 
Namun, yang namanya gratis tetap saja ada batasannya, seperti:
  • Keamanan perlu dioptimalkan;
  • Hanya dapat mengerjakan website atau blog sederhana;
  • Tidak dapat menginstal plugin;
  • Tidak dapat mengganti tema sendiri;
  • Jika menginginkan kustomisasi ala WordPress.org biaya yang dikeluarkan sangat mahal untuk hosting WordPress dan penggantian domain.
Jadi, WordPress.com saja dinilai kurang efektif karena Anda tidak bebas mengkustomisasi blog Anda.
3. Blogger
Blogger atau Blogspot adalah platform blogging milik Google. Karena itu, Blogger juga bisa diintegrasikan dengan produk Google lainnya. Misalnya, AdSense, AdWords, Google Analytics, dll.
Biasanya, blog yang menggunakan platform ini memiliki domain .blogspot.com. Misalnya, bloganda.blogspot.com
Meski ramah pengguna, tetap saja fiturnya kurang lengkap dibandingkan WordPress, seperti:
  • Tidak memiliki plugin yang banyak;
  • Blog Anda dan segala isinya tetap milik Blogger, Anda tidak memiliki hak penuh atas situs Blog Anda;
  • Pilihan template terbatas;
  • Tidak memiliki tag untuk menandai tulisan;
  • Tidak adanya opsi kustomisasi permalink;
  • Menggunakan subdomain blogspot.com memiliki cap kurang terpercaya.
Baca juga: Pilih Blogspot atau WordPress? Ini Perbandingannya.
4. Weebly
Satu lagi cara membuat blog untuk pemula, yaitu dengan platform Weebly. Hal itu karena Weebly memiliki user interface yang mudah dengan sistem drag and drop.
Namun, Weebly agak membutuhkan usaha untuk SEO, karena tidak banyak pilihan yang dapat dioptimasi. Tidak seperti WordPress yang dapat lebih maksimal dengan bantuan plugin.
Baca juga: Weebly vs WordPress: Manakah yang Terbaik untuk Membuat Blog?
Nah, dari keempat platform di atas, manakah yang terbaik untuk Anda pilih?
Sebetulnya tiap platform punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Akan tetapi, jika Anda masih pemula dan ingin membuat blog secara cepat dan mudah, WordPress adalah pilihan yang tepat.
Selain proses instalasinya mudah, Anda juga bisa melengkapi blog Anda dengan berbagai plugin dan tema yang menarik. Kebebasan ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan WordPress.org atau WordPress.com.
Walau begitu, harga paket WordPress.com terlalu mahal (Minimal Rp298 ribu untuk bisa menginstal tema dan plugin). Sehingga jika Anda baru memulai, sebaiknya Anda memilih WordPress.org.
12+ Tips untuk Membangun Blog yang Sukses
Perjalanan Anda di artikel cara membuat blog belum selesai. Masih ada banyak pekerjaan yang perlu Anda selesaikan agar blog Anda bisa sukses. 
Namun, tidak perlu khawatir karena kami sudah menyiapkan beberapa tips jitu yang akan mengantarkan Anda menjadi blogger sukses. 
Yuk simak tips jadi blogger sukses di bawah ini!1. Lakukan Optimasi Dasar WordPress
Setelah instalasi WordPress sudah berhasil, Anda perlu melakukan beberapa langkah optimasi WordPress. Langkah ini penting agar WordPress Anda bisa menghasilkan kinerja yang maksimal di pencarian Google.
Ada setidaknya 20 langkah optimasi WordPress yang harus Anda terapkan. Dari membuat contact form, melengkapi informasi blog, install plugin Yoast SEO. 
Selain itu, memasang Google Analytics, membuat sitemap, install plugin caching, mengatur keamanan WordPress, hingga mengubah permalink.Kami telah merangkum secara lengkap mengenai optimasi dasar WordPress yang perlu Anda terapkan di → 20+ Langkah yang Wajib Dilakukan Setelah Install WordPress.
2. Pelajari SEO
Membangun blog tidak dapat dipisahkan dari SEO. Apalagi saat Anda memutuskan untuk membuat blog sendiri, mau tidak mau Anda juga harus mempelajari SEO. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari.
SEO bertujuan untuk membantu Anda menghasilkan konten-konten berkualitas yang bisa menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google. 
Dengan memenangkan posisi tertinggi di hasil pencarian Google, blog Anda akan semakin dikenal dan dipercaya.
Anda bisa memulainya dengan membaca artikel Belajar SEO untuk Pemula. Setelah itu Anda bisa melanjutkannya dengan membaca ebook di bawah ini.
Download Ebook Gratis: 30 Langkah Ampuh Optimasi SEO Terbaru
3. Tingkatkan Kecepatan Blog Anda
tingkat kecepatan blog mempengaruhi performa blog
Sejak tahap awal cara membuat blog, Anda harus tahu bahwa kecepatan loading memegang peranan penting di blog pribadi Anda. Loading adalah musuh terbesar pengunjung blog. 
Menurut riset Google, 53 persen pengunjung meninggalkan blog/website yang loadingnya lebih dari 3 detik dan mencari blog yang lebih cepat.
Selain itu, kecepatan blog juga menjadi salah satu faktor penting dalam penilaian Google untuk menentukan peringkat di hasil pencarian. Semakin cepat loading blog, semakin bagus penilaian Google untuk blog Anda.
Oleh karena itu, mengoptimasi kecepatan website adalah langkah yang wajib Anda lakukan. Kami telah menyediakan panduan terkait cara mempercepat loading blog yang bisa Anda terapkan.
4. Pastikan Blog Ramah untuk Pengguna Mobile
Optimasi mobile ini penting karena mayoritas pengguna internet Indonesia menggunakan perangkat mobile. Menurut riset Google, 94 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan smartphone untuk mengakses internet.
Artinya, kebanyakan pengunjung Anda berasal dari pengguna smartphone. Jadi, Anda harus mengoptimasi blog untuk perangkat mobile. Tenang saja, caranya cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan plugin mobile WordPress.
5. Lakukan Riset Keyword Sebelum Membuat Konten
Tidak melakukan riset keyword adalah kesalahan fatal para blogger dalam menjalankan blognya. Riset keyword membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat untuk blog Anda. 
Jadi, Anda bisa membuat konten berdasarkan kata kunci yang banyak digunakan calon pembaca Anda. Begitulah cara membuat blog pribadi Anda lebih teroptimasi.
Untuk mempelajari lebih lengkap mengenai riset keyword, Anda bisa membaca artikel 9 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog dan Website ini.
6. Buat Kalender Publikasi Konten
Setelah melakukan riset keyword, Anda akan mendapatkan berbagai macam ide untuk konten. Sebaiknya buat jadwal konten agar Anda bisa mengatur konten apa saja yang perlu diprioritaskan. 
Selain itu, dengan membuat kalender konten, Anda bisa mengatur jadwal pembuatan konten. Jadi Anda tidak akan merasa terbebani karena konten sudah Anda bagi secara rata.
Baca Juga: Cara Agar Postingan Blog Tidak Di-Copy Paste
7. Promosikan Blog Anda
Menjadi blogger memang harus multitalenta. Anda tidak hanya dituntut untuk menulis konten, tetapi juga mempromosikannya secara mandiri. Promosi blog ini harus dilakukan karena pengunjung tidak datang dengan sendirinya.
Mungkin ketika membicarakan promosi blog hal pertama yang pertama kali Anda pikirkan adalah share artikel di media sosial. Padahal promosi blog tidak terbatas pada itu saja. 
Ada banyak cara mempromosikan blog yang bisa Anda terapkan. Temukan cara-cara tersebut di artikel 10+ Cara Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Pengunjung.
8. Gunakan Google Analytics dan Google Search Console
Google Analytics dan Google Search Console adalah dua software krusial yang perlu Anda ketahui sebagai blogger. 
Google Analytics akan membantu Anda memahami perilaku pembaca blog. Selain itu, Anda juga memerlukan Google Search Console untuk memonitor kinerja blog di ranah pencarian organik Google.
Kabar baiknya, dua software tersebut tersedia gratis! Jadi Anda tidak perlu khawatir soal biaya.
Baca Juga: Cara Cek Domain Kena Sandbox
9. Bangun Backlink Berkualitas
Backlink adalah sebuah link yang dipasang pada suatu blog/website yang mengarah ke blog Anda. Hal ini menjadi salah satu komponen penting di blog. 
Membangun backlink sangat penting untuk menjaga reputasi blog di Google. Ada beberapa strategi jitu yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk blog Anda.
Baca juga: 7+ Tools Backlink Checker Gratis Terbaik 2021
10. Jadikan Blog Anda Sebagai Sumber Penghasilan
Yup, Anda juga bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan sampingan. Berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang dari blog:
Pasang Iklan di Blog Anda
Cara ini merupakan cara terpopuler untuk menghasilkan uang dari blog. Namun, pastikan bahwa iklan yang Anda pasang masih relevan dengan isi konten blog.
Tujuannya, agar pengunjung Anda mau mengkliknya. Anda bisa memasang iklan menggunakan Google AdSense ataupun alternatifnya.
Gabung Program Afiliasi
Program afiliasi adalah program yang memberikan Anda komisi apabila Anda berhasil membuat orang lain menggunakan suatu produk. Dengan kata lain, tugas utama Anda sebagai afiliator hanyalah mempromosikan produk tersebut. Enak sekali, bukan?
Lakukan Endorsement
Anda pasti tidak asing lagi dengan blogger yang sering mempromosikan produk atau layanan tertentu di blognya, kan? 
Nah, itulah yang disebut dengan endorsement. Sebagai gantinya, Anda akan mendapatkan uang tunai maupun produk gratis.
Di atas hanyalah beberapa cara singkat menghasilkan uang dari blog. Untuk cara lengkapnya, Anda bisa menemukannya di panduan mendapatkan uang dari blog.
11. Lakukan Guest Blogging
Guest blogging adalah menerbitkan artikel di blog lain dan menyisipkan link blog Anda. Inilah salah cara mendapatkan backlink yang cukup efektif sebagai upaya optimasi SEO. 
Nah, untuk bisa melakukan guest blogging, Anda bisa membangun hubungan baik dengan blogger lain. 
Misalnya, dengan aktif berkomunikasi di forum, sering berkunjung dan berkomentar di blog orang lain, hingga memberitahukan pemilik blog ketika ada halaman yang error. 
Selanjutnya, Anda bisa mengajak kerjasama untuk melakukan guest blogging. Eits, jangan lupa untuk mengupayakan guest blogging di blog yang memiliki niche serupa dengan Anda, ya.
12. Audit Blog secara Berkala
Agar performa blog semakin maksimal, blog harus dipelihara terus-menerus secara menyeluruh. Apa saja sih yang harus di audit? Nah, berikut daftarnya:
  • Cek tampilan blog – Meliputi update template, memperbarui font dan ukurannya agar nyaman dibaca, navigasi blog yang jelas, pasang pop-up yang wajar.
  • Cek kecepatan blog – Mengaktifkan plugin Litespeed Cache, mengompres ukuran gambar, mengurangi instalasi plugin berlebihan, memilih tema yang ringan, dan membatasi jumlah konten per halaman.
  • Cek optimasi blog – Mengatasi broken link dan error 404, mengupdate konten, meta title, dan meta description, serta memantau traffic dan performa SEO.
  • Cek keamanan blog – Memasang plugin keamanan dan dan backup, pastikan SSL atau HTTPS dalam keadaan aktif, memperbarui username, password, dan gunakan two factor authentication.
Baca juga: Audit Website: Panduan Lengkap untuk Pemula (Edisi 2021)
13. Produksi Konten Anda secara Rutin
Untuk manajemen konten blog, menggunakan kalender saja tidak cukup. Anda harus memastikan agar selalu mencari ide konten, memproduksi, dan mempublikasikannya. 
Caranya, Anda bisa rutin berkunjung ke blog lain, memantau trend yang sedang hangat di media sosial, membuat mind mapping topik konten, dan lainnya. Sebab, cara tersebut dapat memberi sinyal ke Google bahwa blog Anda relevan dengan kata kunci dan niche tertentu. 
Di samping itu, Anda juga sekaligus memberi pilihan konten kepada para pembaca. Semakin sering membuat konten pada bidang tertentu, semakin visitor percaya bahwa blog Anda kredibel pada bidang tersebut.
Baca juga: Cara Membuat Jadwal Post Artikel di WordPress
4 Elemen Blog yang Wajib Dioptimasi
Ingin buat blog Anda terlihat semakin profesional? Pastikan Anda mengoptimasi kecepatan, keamanan , SEO, dan juga desain blog Anda.
Bagaimana caranya? Kami akan jelaskan satu per satu:
1. Keamanan
Pernah mengakses blog dengan tanda gembok seperti di bawah ini?
contoh website yang aman dikunjungi
Itulah tanda bahwa blog yang sedang dikunjungi aman. Data website dienkripsi sehingga menyulitkan peretasan.
Anda ingin blog Anda memiliki tingkat keamanan yang serupa atau lebih baik? Nah, untuk mengamankan blog, berikut beberapa hal yang harus blog Anda miliki, yaitu:
  • SSL di hosting – Secure Socket Layer atau SSL adalah sistem keamanan untuk melindungi pertukaran data dengan proses enkripsi dan sistem pengacakan data, sehingga tidak ada yang bisa melihat atau mengubah data.
  • Password manager – Tools berupa ekstension browser untuk menyimpan semua password akun Anda dengan protokol keamanan super canggih.
  • Plugin Jetpack – Plugin WordPress dengan berbagai fitur yang dapat Anda aktifkan, termasuk fitur keamanan seperti, downtime monitoring, brute force protection, auto-update plugins, dan WordPress.com login.
Dengan tiga tool di atas keamanan blog Anda sudah dapat ditingkatkan. Namun, masih ada 20+ tools gratis yang bisa Anda coba untuk membuatnya terhindar dari peretasan.
25 Langkah Ampuh Mengamankan Website WordPress
2. Kecepatan
Beberapa penyebab blog lambat adalah kualitas server yang kurang baik, gambar yang tidak dioptimasi, database terlalu besar, dan masih banyak lagi.
Nah, untuk melakukan optimasi kecepatan blog, inilah beberapa tools yang bisa digunakan 
  • LiteSpeed Memcached – Sistem cache dimana pengunjung mengakses data blog langsung dari cache dan bukan dari server, sehingga proses pertukaran data berjalan lebih cepat.
20+ Tips Membuat WordPress Super Cepat
3. SEO
Untuk mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google, Anda perlu mengoptimasi SEO dari segala aspek. Nah, berikut tools optimasi SEO yang bisa Anda coba: 
  • Riset keyword – berguna untuk menemukan kata kunci terbaik untuk artikel Anda sehingga lebih mudah berada di hasil pencarian. Contoh tools: Google Keyword Planner, Google Trends, Keywordtools.io, Ahrefs Free Keyword Generator, Ubersuggest, dan Wordstream.
  • Backlink – bermanfaat untuk melakukan pengecekan pada link yang Anda dapatkan dari blog lain yang bisa meningkatkan kredibilitas blog Anda. Tools yang bisa digunakan adalah Moz Pro, OpenLinkProfiler, BuzzSumo, LinkMiner, dan Majestic SEO.
  • Memantau Traffic – Penting untuk memastikan upaya SEO Anda sesuai dengan harapan berdasar traffic yang didapatkan. Beberapa tools yang bisa digunakan adalah Ubersuggest, Google Analytics, Ahrefs, SEMrush, SEO Review Tools, dan Histats.
  • Konten blog – melakukan optimasi SEO dari dalam konten (On Page) itu penting. Nah, tools yang bisa digunakan antara lain Yoast SEO atau Rank Math yang bisa menganalisis keterbacaan, penggunaan keyword, dan lainnya.
Membongkar Mitos SEO yang Merugikan Website Anda
4. Desain Blog
Tampilan blog juga harus dioptimasi, lho. Bukan hanya agar terlihat menarik, melainkan juga untuk meningkatkan user experience di blog Anda. Makin betah visitor mengeksplorasi blog Anda, makin besar pula peluang mendapat ranking #1 di hasil pencarian Google.
Ada beberapa aspek desain blog yang harus Anda optimasi dengan beberapa tools berikut:
  • Plugin page builder – tool yang akan membantu kustomisasi layout menjadi lebih mudah. Tools: Elementor, SiteOrigin, Aqua Page Builder, Unyson, Themify.
  • Template blog SEO friendly – Tema website siap pakai yang responsif, kompatibel dengan semua browser, ringan sehingga bisa loading cepat, dan dapat diintegrasikan dengan media sosial.
  • Gambar – Ada pilihan website yang menyediakan gambar gratis untuk mendukung konten blog Anda memiliki visual yang menarik. Contohnya: Pixabay, Unsplash, Pexels, Reshot, Burst, PikWizard, Gratisography, Kaboompics, Picjumbo, Stockvault, dan Librestock.
  • Aplikasi editing – tool untuk membuat dan mengedit foto agar sesuai dengan konten. Canva adalah salah satu contohnya. Bisa juga dengan Stencil, DesignBold, Piktochart, Snappa, Adobe Spark, dan Venngage.
FAQ Cara Membuat Blog untuk Pemula
Ketika baru pertama kali terjun ke dunia blogging, mungkin terdapat banyak pertanyaan di benak Anda. Nah, berikut beberapa pertanyaan seputar blog yang paling sering diajukan:
1. Mengapa saya harus membuat blog?
Banyak anggapan bahwa blog hanyalah media untuk menulis artikel saja. Padahal, banyak sekali manfaat blog lainnya yang bisa Anda rasakan ketika memiliki blog.
Misalnya, Anda bisa berbagi pengetahuan, bisa jadi apa yang Anda tulis dapat membantu orang lain. Dengan rutin menulis di blog, Anda juga sedikit demi sedikit membangun personal branding.
Jika Anda sudah memiliki personal branding, bukan tidak mungkin Anda bisa membangun jaringan, komunitas, dan kepercayaan dari para pembaca blog.
Jika sudah begitu, akan semakin membuka kesempatan Anda berkolaborasi dengan brand tertentu, menghasilkan uang dari internet, bahkan membangun bisnis online. 
2. Apakah blog bisa menghasilkan uang?
Tak perlu bingung bagaimana caranya, semua yang Anda butuhkan sudah lengkap dalam ebook gratis yang bisa Anda download di bawah ini!


Pasti bisa, dong! Biasanya, pemasukan utama yang bisa dihasilkan dari blog adalah AdSense. Tetapi, monetisasi blog juga bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, seperti endorsement, afiliasi, menjual produk digital, jasa, atau webinar, dan lainnya.

Panduan Super Lengkap Membuat Blog yang Menghasilkan Cuan

3. Bagaimana cara memilih niche blogger yang potensial untuk mendapatkan uang?

Terdapat banyak blogger yang sudah membuktikan bisa sukses cuan dari berbagai bidang, seperti travel bloggerbeauty bloggerfood blogger, dan lainnya.

Nah, sebelum terjun membuat blog pribadi, Anda perlu memilih bidang blogging terlebih dahulu. Caranya? Utamakan niche blog yang sukai dan kuasai, ya.

Contohnya food blogger Anakjajan. Bermodal hobi dan kecintaan pada bidang kuliner, foto dan review yang menarik, blog Anakjajan sukses meluaskan reviewnya ke mancanegara.

4. Untuk menjadi blogger, perlukah saya memahami coding?

Cara bikin blog itu tidak ribet, kok! Anda bisa melakukannya tanpa coding dengan memanfaatkan platform CMS seperti WordPress. 

Kalau ingin melakukan kustomisasi pada blog, Anda bisa menggunakan plugin page builder. Dengan begitu, prosesnya bisa lebih singkat.

Baca juga: Panduan Custom Page WordPress untuk Pemula [Terlengkap]

5. Bagaimana cara meningkatkan traffic blog saya?

Traffic blog dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti kualitas konten, kecepatan blog, tema yang user-friendly, dan lainnya. Sehingga, cara meningkatkannya pun juga beragam.

Salah satu hal paling dasar untuk cara meningkatkan traffic blog yaitu konten, dimana konten yang Anda produksi haruslah SEO-friendly supaya bisa bersaing di hasil pencarian Google. Jadi, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan, seperti:

– Riset keyword – Untuk menentukan kata kunci yang tepat, sehingga relevan dengan pencarian Google.
– Pemakaian judul yang unik – Agar menarik perhatian visitor blog untuk membaca konten Anda, jangan lupa hindari judul konten yang clickbait, ya! 
– Strategi internal link – Upaya menghubungkan tiap halaman di blog agar membantu Google mengindeks blog dan memahami struktur blog secara keseluruhan.
– Backlink – Upaya mendapatkan link berkualitas dari blog lain ke blog Anda.
– Share ke platform media sosial dan komunitas – Agar lebih banyak orang yang mengetahui keberadaan blog dan berkunjung ke blog Anda.
– Blogwalking – Bersosialisasi dengan blog lain dengan niche yang sama, meninggalkan komentar, sekaligus bisa dilakukan untuk mencari ide konten.

Nah, ada baiknya Anda belajar langsung dari blog yang sudah memiliki jutaan traffic seperti Niagahoster, bukan? Jika Anda penasaran bagaimana Niagahoster mendapatkan banyak traffic, coba deh download ebook gratis di bawah ini!

Cara Meningkatkan Traffic Website dan Blog Ala Niagahoster – Terbukti Efektif

6. Bagaimana cara membuat artikel di blog agar SEO friendly?

Selain menulis untuk pembaca, artikel yang Anda publikasikan di blog juga akan dianalisis oleh algoritma Google, apakah artikel Anda layak mendapat peringkat satu di halaman pencarian?

Untuk itu, membuat artikel yang SEO friendly sangat wajib Anda lakukan. Mulai dari menggunakan kata kunci yang tepat, terstruktur, memakai kalimat yang mudah dipahami, hingga strategi internal dan eksternal link.

Untuk selengkapnya, sudah kami rangkum dalam → Cara Menulis Artikel SEO.

7. Bagaimana sih cara menjadi blogger sukses?

Cara menjadi blogger yang sukses, tentunya memerlukan konsistensi dan jam terbang menulis. Anda perlu terus meningkatkan skill menulis agar meningkatkan kenyamanan para pembaca di konten Anda.

Anda juga bisa berkreasi dalam membuat konten dengan hal-hal baru, jadi pembaca tidak akan bosan dan pengalaman Anda akan semakin luas. 

Nah, produktivitas Anda dalam membuat konten akan semakin maksimal, jika Anda terkoneksi dengan jaringan, komunitas, ataupun forum yang sesuai dengan niche blog. Jadi, Anda bisa sekaligus mempromosikan blog Anda.
Baca juga: 13+ Kebiasaan Blogger Sukses yang Harus Anda Lakukan

8. Adakah blogger sukses dari Indonesia yang patut saya contoh?

Banyak blogger di Indonesia yang telah membuktikan bisa sukses melalui blog. Beberapa diantaranya yaitu Duck of York, Dani Rachmat, Desty Baca Buku, dan lainnya. 

Misalnya, blog pribadi Duck of York, dimana menampilkan visual yang sederhana tapi berkelas, dengan tampilan fullscreen berlatar putih. Di sisi konten pun, blog ini menyajikan konten berkualitas dengan cerita unik dan foto-foto yang menarik. 

Selain itu, jika blog Anda berada dalam niche tertentu, contoh keren yang bisa menginspirasi Anda adalah Dani Rachmat. Blog yang rutin membahas topik seputar perencanaan keuangan ini dikemas dengan sangat ringan dan mudah dipahami. Sehingga, pembaca tidak kesulitan menerima informasi.

Sumber https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-blog

1 komentar

Factqyu mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Diberdayakan oleh Blogger.